Minggu, 05 Februari 2012

120205 Kebun Raya - Teritip

Loading dalam truk Keratons Furniture di ATM Balikpapan baru

Kegiatan bersepeda kali ini bertujuan survey trek untuk XC Marathon 2012 - Balikpapan. Rute yang akan dilalui telah direncanakan diatas meja dengan www.everytrail.com yang memanfaatkan Google Hybrid, dan Oruxmaps yang memanfaatkan petanya garmin. 


Sebagian besar dari trek pernah dilalui dan di upload dalam Balikpapan Trails Map; dan sebagian kecil trek belum pernah di rekam dengan GPS, hanya mengandalkan Google Earth dan peta Garmin.

Unloading dari truk Keratons Furniture di Kebun raya Sei Wain
Rute direncanakan mulai dari Kebun Raya (Sungai Wain) dilanjutkan menyururi jalur api sisi timur HLSW hingga km 18, Agrowisata dan berakhir di Pantai Lamaru.


Peserta berjumlah sebelas orang seluruhnya dari A-Team Mtb Balikpapan Communitymemuat sepedanya di ATM Balikpapan Baru dengan memanfaatkan truk milik Keratons Furniture untuk menuju Kebun Raya Balikpapan di area Hutan Lindung Sungai Wain, Km 15 Jl. Sukarno Hatta, Balikpapan.

Seorang peserta yang baru bergabung tidak melanjutkan perjalanan setelah menyusuri jalur api HLSW, sejauh 4,5 km. Peserta baru ini tampaknya belum memahami kondisi trek off-road di Balikpapan; yang memerlukan sedikit ketrampilan dan stamina prima untuk melaluinya. Satu orang anggota lama mengundurkan diri setelah menempuh sejauh 6,5 km.


Maaf friend, anda harus lebih banyak berlatih untuk menguasai tehnik memindahkan berat badan, menguatkan otot kaki dan meningkatkan stamina. Silahkan bergabung lagi di hari minggu yad.


Kebun Raya - Teritip

Bagi pemula lintasan ini termasuk lintasan yang banyak turun-nya; yaitu turun dari atas bukit, turun dari sepeda untuk beristirahat, dan turun mendorong sepeda pada tanjakan.


Lebar tapak lintasan (tread width): single trek dan jalan lingkungan kebun 210 cm - 300 cm.
Permukaan tapak lintasan (tread surface): tanah ter-erosi tidak rata, dan berbatu lepasan.
Tingkatan jejak (trail grade):
- Jejak tercuram (maximum grade): 30%
- Rata - rata kecuraman (average grade): 2%
Tantangan yang menghambat (Natural Obstacles and Technical Trail Features): Tidak ada


Blue square
Memperhatikan pada kecuraman tanjakan dan permukaan tanah yang tidak rata, maka lintasan ini mempunyai tingkat kesulitan sedang (blue square), yang layak untuk penggowes terampil/ terlatih dengan stamina yang baik.


Lintasan dan garis acuan
Rute telah direncanakan sehari sebelumnya dengan garis acuan berupa garis lurus dari Kebun raya di HLSW sampai ke Pantai Lamaru. Berdasarkan garis acuan dibuat rute dengan memanfaatkan Balikpapan Trails Map dan Google Earth. Rute Kebun raya - Pantai Lamaru dengan format gpx di upload pada perangkat GPS (Smartphone) yang akan diikuti selama perjalanan.


Pada pelaksanaan survey tanggal 5 Pebruari 2012 terjadi penyimpangan dari rute beberapa kali; yang pada penyimpangan terakhir menyebabkan salah arah karena tidak lagi berkonsentrasi pada rute yang terdapat pada GPS; sehingga perjalanan gowes berobah menjadi Kebun raya - Teritip.


Banyak foto menarik disini: A-Team Mtb Balikpapan Community
Lintasan Kebun raya - Teritip yang mempunyai tingkat kesulitan sedang, sepanjang 22 km pertama melalui kebun karet yang sangat mengasyikan; namun 7 km terakhirnya melalui jalan batu pada lahan terbuka


Kami melalui single trek pada lahan yang ditumbuhi ilalang lebat , serta mendapatkan pohon kecapi dan rambutan yang berbuah masak pada kebun karet.




Lihat foto-foto menarik dari Om Elvan.


Note:
Silahlkan klik setiap kata berwarna biru diatas untuk menuju link yang dimaksud, mendapatkan informasi yang lebih lengkap, atau melihat foto - foto yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar