Selasa, 10 Januari 2012

CROSS COUNTRY MARATHON 2012 - PENAJAM


Event ini digagas oleh teman - teman dari Penajam dan Balikpapan dengan maksud dan tujuan:
  • mempererat silaturahmi antar sesama penunggang sepeda,
  • memasyarakatkan bersepeda di Panajam Pasir Utara;
yang merupakan acara cycling for all atau fun bike khusus MTB yang ditujukan bagi penggemar antusias bersepeda gunung. Peserta terbuka untuk umum, khususnya para enthusiastic yang sudah melakukan secara rutin bersepeda gunung.

Event ini diberi nama Amateur Cross Country Marathon karena dirancang dengan mengacu pada format cross country marathon (XCM) - nya UCI; namun demikian acara kali ini tidak dimaksudkan sebagai acara resmi (official event). 

Diharapkan event MTB dengan format XCM ini bisa diselenggarakan secara rutin, dimana saja, kapan saja, dan  oleh siapapun pada masa mendatang; sebagai tambahan event yang sudah biasa diselenggarakan yaitu Jambore yang formatnya mengacu pada cross country point to point (XCP).


Kita patut berterima kasih pada teman - teman dari PPU yang di koordinir oleh Om Muhammad Nasir yang telah menyampaikan gagasan, melakukan survey rute, menyediakan fasilitas transportasi dan tenda, menyumbangkan dana dan tenaga; serta mengerahkan seluruh daya dan upayanya demi terwujudnya dan kesuksesan acara ini.

Bersama- sama kita memasyarakatkan bersepeda gunung sebagai
Olahraga   -   Rekreasi   -   Silaturahmi


Amateur CROSS COUNTRY MARATHON - PPU 2012


Trails        : 80 km, single lap,  tiga etape, ditempuh dua hari.

Lokasi       : Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Tanggal     : 22 - 23 Januari 2012

Informasi   : Sugianto Untung (+6282158056093; +6281520423906; +625425664501)

Syarat dan ketentuan:

Peserta membawa sepeda MTB, ban dalam serep, pompa, minyak rantai, kunci serbaguna, obat pribadi, bantal & selimut, sabun mandi, sikat gigi, handuk dan pakaian ganti.

Disediakan transportasi penyeberangan, transportasi darat di lokasi, makan & minum, dan tenda menginap di pantai Tanjung Jumlai. Transportasi darat di lokasi diantaranya untuk mengangkut tas/ koper peserta dan evakuasi.

Peserta berasal dari luar PPU:

- Membayar iuran sebesar Rp 150.000 secara tunai atau transfer ke rekening BNI Balikpapan no. 0200786186 a/n Ary Djatikusuma; serta sms-kan nama lengkap, kode & tanggal transfer ke +6281520304556 selambatnya pukul 11.00 tgl 20 Januari 2012. Iuran tersebut untuk transport pp klotok Balikpapan - Panajam, BBM transport darat di lokasi, makan 4x, air minum selama dua hari, dll.

- Kumpul di depan Kantor Kelurahan Kampung Baru Tengah pukul 7.00 tanggal 22 Januari 2012.


Bermalam di dalam tenda di pantai Tanjung Jumlai, PPU



PERSIAPAN YANG PERLU DILAKUKAN

Fisik prima pengendara diatas sepeda yang prima pula menjamin kenyamanan bersepeda dari start sampai finish. 


PERENGGANGAN OTOT (STRETCHING)

Lakukan perenggangan otot (stretching) sekali sehari, minimal empat kali seminggu; agar terhindar dari kram otot dan nyeri otot pada saat gowes.

Cycling Stretches, Cycling Stretching Routine, Flexibility Program for Cyclists



MEMPERHALUS PUTARAN PEDAL

Berlatih secara rutin bersepeda mengayuh cepat selama 20 - 30 menit menempuh jarak 10 km; atau dengan sepeda statis selama 20 - 30 menit.




SERVIS SEPEDA, MENCEGAH MASALAH

Periksa dengan cermat setiap bagian dari sepeda dengan cara menggerak-gerakkan/ memutar, terutama pada komponen yang bergerak. Bila ada suara yang ganjil atau pergerakan komponen yang kurang mulus mungkin ada baut yang longgar, komponen yang sudah aus, atau ada bagian yang perlu penyetelan ulang.

Perlu disadari bahwa pasir halus mempercepat keausan komponen sepeda gunung. Pasir halus bersama air sering masuk ke dalam komponen bergerak seperti hub, bottom bracket, piston rem hidrolik, dan idler pada RD. Pasir mempercepat keausan, sedangkan air menyebabkan karat.

Ikuti manual dari pabrik pembuat komponen pada saat menilisik kesempurnaan komponen sepeda, serta penyetelannya. Diagram dibawah ini dapat membantu menguraikan komponen sepeda.


Kondisi prima berangkat dari rumah akan nyaman saat menggowes, serta selamat sampai rumah.
Insya Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar